Zimbabwe Mencetak Uang Kertas Terakhirnya Senilai Z$100 Miliar

Uang Lokal Terakhir Zimbabwe
Orasimaya.blogspot.com - Zimbabwe Mencetak Uang Kertas Terakhirnya Senilai Z$100 Milliar. Pemerintah Zimbabwe akhirnya memutuskan untuk terakhir kalinya mencetak uang lokal. Uang terakhir tersebut bernilai Z$100 Miliar. Namun ternyata dengan nilai uang sebesar itu, masih belum bisa untuk membeli tiket naik bus.

Hal tersebut dikarenakan, kini Zimbabwe sedang dalam masa ekonomi yang buruk. Selama periode hiperinflasi ini Pemerintah Zimbabwe memutuskan untuk menonaktifkan mata uang lokal dan mengalihkannya dengan mata uang asing.

Terhitung mulia hari senin (15/06/2015) mendatang warga Zimbabwe bisa menukarkan uang tunai mereka sebesar 175 kuadrilium dollar Zimbabwe (Z$175.000.000.000.000.000) untuk US$5. Saldo yang lebih tinggi akan dimulai pada kurs Z$35 kuadriliun untuk US$1.

Menurut Gubernur Bank Sentral John Mangudya, "langkah ini sudah tertunda cukup lama" seperti dikutip oleh Bloomberg. 

"Kami sudah tidak bisa menggunakan sistem dua mata uang berbeda. Untuk itu, kita harus menjaga integritas sistem penggunaan mata uang berbeda atau dolarisasi di Zimbabwe."

Dengan sistem ini, warga Zimbabwe memiliki waktu hingga akhir september untuk menukarkan mata uang loka ke dollar Amerika Serikat atau mata uang Afrika Selatan, Rand.

Kini, warga Zimbabwe jika ingin membeli barang belanjaan di pasar harus membawa uang lokal yang menumpuk dengan nilai jutaan hingga miliaran. Namun, hiperinflasi ini buka yang pertama kali melanda Zimbabwe.



Pada enam tahun lalu, mereka juga menggunakan dollar Amerika dan mata uang Afrika Selatan, Rand, untuk melakukan transaksi.

Baca juga :



Akibat dari hiperinflasi ini sendiri adalah kurangnya barang-barang pokok, toko-toko harus mengubah harga barang-barang mereka beberapa kali sehari, dan warga Zimbabwe harus mengangkut uang menggunakan gerobak jika ingin melakukan transaksi.

Uang lokal terakhir yang dicetak oleh Zimbabwe bernilai Z$100 Miliar ternyata masih belum bisa ditukar dengan satu tiket bus. Ekonomi Zimbabwe mengalami kesulitan sejak kebijakan pemerintah merebut lahan milik warga berkulit putih pada 2000, yang menyebabkan jatuhnya ekspor negara tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Zimbabwe Mencetak Uang Kertas Terakhirnya Senilai Z$100 Miliar"

Posting Komentar